Sabtu, 12 Januari 2008

Memukau, konser PS Cantano di Maumere

KONSER Tour Paskah Paduan Suara (PS) Cantano (Cantate Domino Canticum Novum) Bajawa di Gereja Katredral St. Yoseph Maumere, Sabtu (25/7/2007) malam, memukau ribuan umat kristiani. Dalam konser lagu rohani /liturgi itu, penampilan PS Cantano dipandu dirigen Agust Dhae dan didukung empat pemain musik, yakni Yanto Demu (Keyboard), Bertho Lalu (Bass), Alfonsius Baba (Melodi) dan Emanuel Baba (pengiring) dan sejumlah solois muda berbakat.

Konser yang berlangsung sekitar dua jam sejak pukul 20.00 Wita yang dibawakan dalam dua babak, menyajikan sekitar 20 lagu dalam Bahasa Indonesia, Inggris, Jerman, Italia dan Latin. Penampilan mereka seakan ‘membius’ ribuan penonton yang memadati Gereja Katedral St. Yoseph Maumere. Mereka juga membawakan lagu-lagu daerah dari Kabupaten Nagaekeo dan Ngada, Batak Toba-Sumatera Utara dan Maluku. Beberapa lagu liturgis itu dibawakan secara sempurna oleh sejumlah solois muda berbakat, di antaranya Meiti Kartika Rooroh, Sapta Rohi, Lexi, Yuli, juga solois Dominika, Bernadetha dan Tince.

Dalam babak pertama, PS Cantano yang mengenakan pakaian seragam serba hitam dipadu selendang berwarna kuning emas membawakan 10 lagu liturgi bertema sengsara Yesus Kristus. Sedangkan 10 lagu berbahasa Indonesia di antaranya Engkau Menghampakan Diri, lagu dari Kabupaten Ngada yang diaransir Paul Widyawan, Kepala Yang Berdarah karya Hans Leo Hassler tahun 1601 denganjudul asli O Haupt Voll Blut und Wunden karya Sebastian Bach tahun tahun 1729. Menjulang Nyata atas Bukit Kala, lagu tradisional dari Irlandia yang dinyanyikan bait awalnya oleh solois Sapta Rohi.

Lagu-lagu lain yang dibawakan adalah Selamat Tidur Yesus, Betapa Sunyi Kematian-Mu, Harapan Paskah, Alleluia, Yesus Kekuatanku, Raja Yang Maha Kuasa, Gong Paskah dan Tiuplah Roh-Mu.

Pada babak kedua yang menyajikan sembilan lagu liturgis dalam Bahasa Indonesia, Jerman, Italia, Inggris, dan Latin itu PS Cantano berganti busana kuning dengan selendang berwarna hijau. Lagu yang dibawakan adalah Komm Jesus Komm, Since By Man Came Death, O Thou That Tellest Good Tiding to Zion, And He Shall Purify, Nobody Knows The Trouble I Have Seen, Michael Row the Boat. PS Cantano juga menyanyikan lagu Clavelitos sebuah lagu rakyat Meksiko.

Selanjutnya, Bangkit Bersama Kristus, Alleluia Handel. Dalam penyajian lagu terakhir ini, para penonton mendapat kehormatan, diajak berdiri bersama-sama menyanyikan lagu ini pada ayat kedua dan selanjutnya. Sebuah nomor lagu bonus sekaligus pamungkas yang dipersembahkan oleh PS Cantano adalah My Heart will Go On.

Ketua Panitia Tour Paskah Konser PS Catano Bajawa di Maumere, Pater Eman Weroh, SVD dalam sambutannya menyampaikn proficiat kepada PS Cantano bersama dirigen dan para pemusik yang telah hadir di Kota Maumere. Pater Eman berharap kelompok PS di Maumere bisa menimba pengalaman dari PS Cantano Bajawa. (vel)

(sumber: indomedia.com)

Tidak ada komentar: