Minggu, 23 Desember 2007

MPYSM bedah masalah pendidikan di Manggarai

MPYSM bedah masalah pendidikan di Manggarai

RUTENG, PK -- Majelis Persatuan Yayasan Swasta Kabupaten Manggarai (MPPSM) membedah masalah pendidikan di wilayah setempat. Tujuannya, mengumpulkan berbagai halangan, tantangan dan kendala konkret para pelaku pendidikan untuk dijadikan pijakan gerakan bersama. Selain itu, mengkritisi persoalan krusial serta membangun sikap kritis terhadap masalah pendidikan di Manggarai.

Ketua Seksi Seminar, Pater Yosef Masan Toron, SVD dalam kerangka acuan kegiatan seminar dan diklat yang diserahkan kepada Pos Kupang di Ruteng, Kamis (20/12/2007), mengatakan, tujuan yang mau dicapai dalam pendidikan nasional adalah berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif dan mandiri, demokratis dan bertanggung jawab.

Selain itu, melahirkan manusia berkualitas secara rohani dan jasmani. Namun untuk mewujudkan cita-cita tersebut, perlu kerja sama, koordinasi dengan berbagai komponen, baik guru/ pendidik, orangtua maupun peserta didik. Karena itu, MPYSM menyelenggarakan seminar dan diklat pendidikan, mutu pendidik dan tenaga pendidikan yang berlangsung Jumat-Minggu (21-23/12/2007).

Tujuan seminar dan diklat yang melibatkan para pengurus yayasan, aktivis pendidikan dan sejumlah guru itu mau membangun kesadaran dan pemahaman bersama mengenai peran sentral pendidik dalam membentuk manusia berkualitas. Merumuskan rekomendasi bagi sejumlah instansi terkait dalam rangka menyikapi masalah pendidikan.

Selama kegiatan seminar dan diklat berlangsung, para peserta akan membahas materi yang dibawakan Dr. Ismail Suprapto (Direktur Pembinaan Diklat PMPTK), bertajuk Memahami Sisdiknas dan Tantangan Pendidikan, Mutu Pendidikan dan Tanaga Kependidikan di Indonesia, Drs. Cypri Aoer dan Supranata, bertajuk Strategi Pengembangan Pendidikan dan Latihan Guru secara Nasional. Dr. Marcel R Payong dan Pater Yosef Masan Toron, SVD membedah topik Psikologi Pendidikan, Bupati Manggarai, Drs. Christian Rotok, membahas Hambatan Sosiologis dan Psikologis Hubungan Antara Kelompok Masyarakat di Kabupaten Manggarai. Pater David Jerubu, SVD tentang Pendidikan Moral Pengajar, Rm. Marthen Jenarut, Pr tentang Pengembangan Organisasi Sekolah. P Simon Suban Tukan, SVD tentang Tanggapan dan Mengkritisi BHP. Rm. Herman Ando tentang Eksistensi Agama dalam Kehidupan Manusia Modern.

Yang memandu seminar adalah Rm. Beny Jaya, Pr dan Ir. Gonis Bajang, Adhy H Mbalur, S.E. Kegiatan tersebut akan dibuka Bupati Manggarai, Drs. Christian Rotok. (lyn)

Tidak ada komentar: